Apakah Benar Jus Jambu Biji Bisa Menaikkan Trombosit?

Musim hujan yang terjadi dimanapun membuat lingkungan yang terkena hujan lebih terasa lembap dan dingin. Biasanya, cuaca tersebut sangat disukai oleh nyamuk.

Sebagian penyakit juga cukup sering terjadi di musim penghujan, seperti flu, batuk yang disebabkan virus, juga demam berdarah yang terjadi karena gigitan nyamuk Aedes aegypti. Membicarakan tentang penyakit ini, ada satu hal yang sangat dipercayai oleh masarakat kita dimana dengan kita mengkonsumsi jus jambu akan mampu menaikkan kadar trombosit dalam tubuh yang berkurang pada penderita Demam berdarah. Apakah hal ini adalah fakta?

Apakah Benar Jus Jambi Biji Bisa Menaikkan Trombosit?

Menurut para ahli kesehatan menyebut jika buah yang satu ini memang memiliki manfaat untuk membantu penyembuhan pasien demam berdarah. Jambu biji merah, kandungan yang bisa ditemukan di dalamnya adalah Vitamin C dan juga flavonoid kuercetin.

Vitamin C dapat membantu pasien demam berdarah untuk melawan infeksi virus pemicu penyakit mematikan ini. Sementara kandungan kuercetin berfungsi dalam mencegah proses virus dalam membelah diri sehingga diharapkan serangan virus yang bisa menurunkan kadar trombosit dalam darah juga semakin ikut menurun.

Kuercetin pada jambu biji juga diyakini dapat mengobati pembuluh darah kapiler yang sempat rapuh karena serangan virus. Sebagaimana diketahui, serangan virus inilah yang bisa memicu pendarahan pada komplikasi demam berdarah.

Jika pasien demam berdarah tidak mengalami gangguan pencernaan atau pendarahan yang cukup parah, maka ia bisa mengkonsumsi jus jambu biji atau air rebusan daun jambu biji setidaknya tiga hingga empat kali sehari.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.