Dampak Operasi Tiroid Yang Harus Anda Ketahui

Dampak Operasi Tiroid,- Tiroid termasuk salah satu kelenjar di dalam tubuh yang letaknya berada di bagian depan leher. Fungsinya tidak lain sebagai pembakaran energi, penyusunan protein sampai metabolisme dalam tubuh. Nah, bagian tubuh yang satu ini bisa mengalami gangguan/masalah dalam fungsinya. Salah satu gangguan/masalah kesehatan yang terjadi pada kelenjar Tiroid tidak lain adalah kelebihan hormon Tiroid atau Hipertiroid.

Dampak Operasi Tiroid Yang Harus Anda Ketahui

Saat hormon Tiroid berlebih, kondisi ini menyebabkan tubuh bereaksi mengalami pembengkakan di kelenjar Tiroid terutama pada leher. Benjolan ini bisa dibilang termasuk jenis tumor atau Kanker.

Perlu penanganan dan pengobatan khusus untuk mengatasi gangguan kelenjar Tiroid. Salah satunya adalah dengan operasi. Tindakan operasi Tiroid dilakukan untuk membantu menghentikan gejala yang terjadi pada penderita gangguan Tiroid, salah satunya yang cukup mengganggu adalah gangguan sulit bernapas dikarenakan pembengkakan benjolan di leher yang semakin membesar.

Akan tetapi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jika sebenarnya operasi yang dilakukan untuk mengatasi gangguan kelenjar Tiroid ini memiliki risiko atau dampak tersendiri pada kesehatan penderitanya. Berikut adalah Dampak Operasi Tiroid Yang Harus Anda Ketahui.

Dampak Operasi Tiroid.

  • Gangguan Saraf; Operasi tiroid memungkinkan untuk terjadinya gangguan saraf yang ada sekitar kelenjar Tiroid. Salah satu saraf yang biasanya mengalami gangguan adalah saraf yang berhubungan dengan pita suara.
  • Perubahan Suara; Diantara bagian bawah kelenjar Tiroid dan saluran nafas terdapat saraf nerves reccurens laryngeus. Saraf ini berfungsi sebagai pengatur pergerakan pita suara.
  • Jika saraf ini terpotong atau terikat, dapat menyebabkan perubahan suara seperti suara serak atau suara hilang.
  • Infeksi dan Pendarahan; Infeksi dan pendarahan merupakan 2 hal yang sebisa mungkin dihindari selama operasi Tiroid. Kesterilan alat medis merupakan kunci utama untuk menghindarkan infeksi. Infeksi dapat menyebabkan pendarahan pada luka bekas operasi dan penyembuhannya akan semakin lama. Penyembuhan luka dapat didukung dengan makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi.
  • Penyumbatan Jalan Nafas; Dampak pasca operasi lainnya yaitu terjadinya penyumbatan nafas. Penyumbatan nafas ini termasuk dampak lanjutan dari terjadinya pendarahan. Jika ini terjadi maka harus ada tindakan lain untuk memperlancar jalan nafas.
  • Hipoparatiroid dan Hipotiroid; Hipoparatiroid adalah kondisi ketidakseimbangan kalsium dan fosfat yang diakibatkan kurangnya hormon paratiroid. Kondisi hipoparatiroid disebabkan oleh adanya gangguan di belakang kelenjar tiroid. Selanjutnya akan terjadi hipotiroid dan berdampak pada menurunnya kadar kalsium dalam darah.
  • Penyakit Tiroid kambuh lagi; Walaupun telah dilakukan tindakan operasi, gangguan tiroid yang sama bisa muncul kembali, atau berupa gondok beracun. Kekambuhan penyakit tiroid ini dapat dicegah dengan beberapa terapi obat, makanan, dan pola hidup.
  • Dampak lain yang bisa terjadi setelah menjalani operasi Tiroid yaitu sejumlah kondisi dimana detak jantung yang cepat, kegugupan, tubuh terasa lemas kurang stamina, sakit kepala, sakit di dada, hingga berat badan menurun.

Penting untuk mengetahui terlebih dahulu dampak dari operasi Tiroid sebelum Anda memutuskan untuk melakukan penanganan dengan operasi.

>> Obat Kelenjar Hipertiroid <<

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda, jangan lupa share/bagikan kembali melalui sosial media yang Anda miliki. Salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.