Jenis Suplemen Yang Membantu Meningkatkan Daya Ingat Otak

Pentingnya asupan nutrisi untuk tubuh secara menyeluruh harus bisa dipahami lebih rinci lagi. Seperti contoh, bagaimana asupan nutrisi penting untuk kesehatan otak Anda? Apakah sudah tercukupi?

Jenis Suplemen Yang Membantu Meningkatkan Daya Ingat Otak

Sayangnya, tidak semua orang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya hanya dari makanan yang ia konsumsi sehari-hari. Beberapa orang mungkin memerlukan asupan nutrisi tambahan, misalnya dari suplemen. Jika Anda salah satunya, berikut ini dapat dijadikan sebagai pilihan suplemen untuk otak yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Namun, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen di bawah ini.

1. Vitamin B12.

Para ilmuwan telah lama meneliti keterkaitan antara rendahnya tingkat Vitamin B12 (cobalamin) dan daya ingat. Vitamin B12 berperan dalam pembentukan mielin, yaitu zat lemak yang melapisi serta melindungi serabut saraf di otak dan sumsum tulang belakang. Bahkan, menurut seorang ahli di Mayo Clinic, asupan B12 yang cukup, dapat membantu melindungi otak dari kerusakan saraf, meningkatkan daya ingat, serta mengurangi risiko penurunan fungsi mental.

2. Vitamin E.

Terdapat sejumlah bukti yang menunjukkan jika Vitamin E dapat bermanfaat bagi pikiran dan memori pada lansia. Walaupun Vitamin E nampaknya tidak cukup untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer, vitamin ini dipercaya mampu memperlambat perkembangan penyakit tersebut. Namun, Anda tetap harus hati-hati saat mengonsumsi suplemen untuk otak. Pasalnya, mengonsumsi lebih dari 1.000 IU Vitamin E perhari sangat berisiko bagi orang-orang dengan penyakit jantung, terutama bagi mereka yang sedang dalam pengobatan pengencer darah. Vitamin E dosis tinggi juga meningkatkan risiko kanker prostat.

Itulah sebabnya, pastikan Anda berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen otak dari Vitamin E.

3. Asam lemak Omega-3.

Asam lemak Omega-3 termasuk salah satu nutrisi penting yang baik untuk perkembangan otak. Dalam sebuah studi menunjukkan jika asupan asam lemak Omega-3 yang tinggi dapat diperoleh dari makanan seperti ikan dan minyak sayur bisa membantu menangkal Alzheimer. Studi lain juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen minyak ikan lebih aman dari pelemahan (atrofi) otak dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi minyak ikan.

4. Acetyl-L-carnitine.

Beberapa studi telah menunjukkan jika sintesis dari asam amino carnitine dapat membantu pasien Alzheimer dengan gangguan ingatan. Suplemen ini, bisa memberikan manfaat lebih besar bagi orang yang mengalami Alzheimer di usia yang cenderung muda, atau yang laju perkembangan Alzheimernya sangat cepat.

Bagi sejumlah orang, suplemen memang mampu memenuhi asupan nutrisi dan vitamin yang tidak mereka dapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Adapun cara lain secara alami yang dapat membantu meningkatkan daya ingat otak Anda, dengan melakukan beberapa hal seperti memperhatikan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh, berolahraga teratur, tidur yang cukup hingga kelola stres.

Posted by Obat Hipertiroid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.