Kandungan dan Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Bumil

Air kelapa muda atau air degan adalah minuman menyegarkan dan baik untuk kesehatan karena mampu mengganti cairan tubuh yang hilang setelah melakukan aktivitas.

Selain itu, air degan juga memiliki kandungan dan khasiat yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Biasanya tenaga medis akan menganjurkan ibu hamil minum air degan saat kehamilan usia diatas 6 bulan. Kandungan elektrolit air kelapa dipercaya mampu membuat rahim bersih dan menjaga air ketuban tetap jernih. Konsumsilah air kelapa muda 1-2 kali saja pada usia kehamilan diatas 6 bulan. Namun, terlalu banyak minum air kelapa muda juga tidak baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Sebagai alternatif, berikut ini kandungan dan khasiat air kelapa muda bagi bumil.

Kandungan dan Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Bumil

Air kelapa muda dianggap sebagai isotonik alami yang kaya akan mineral dan memiliki elektrolit cair yang sama dengan kandungan cairan didalam tubuh seperti kalsium, kalium, elektrolit, klorida, magnesium, riboflavin dan juga sodium. Maka dari itu, air kelapa muda berguna untuk menghindari dehidrasi dan cepat dalam memulihkan stamina tubuh. Perlu Anda ketahui, dehidrasi selama kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan diantaranya yaitu sakit kepala, edema, kram bahkan dapat mengurangi kontraksi yang mengakibatkan persalinan prematur.

Memiliki diuretik alami
Air kelapa juga berfungsi sebagai diuretik alami yang steril, air kelapa muda terbukti memperlancar proses pembuangan urin dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini tentu saja diyakini mengeluarkan zat racun atau racun yang dihasilkan tubuh dan mencegah infeksi pada saluran kemih yang umum terjadi pada ibu hamil.

Mencegah berbagai macam penyakit
Asam laurat yang terkandung pada air kelapa muda dapat membantu Anda melawan berbagai penyakit. Asam laurat ini cukup melimpah dalam air kelapa sama dengan yang ditemukan dalam ASI dan memiliki kesamaan karakteristik sebagai antijamur, antibakteri dan antivirus, sehingga akan selalu menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus berbahaya seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia bahkan dapat menghindari bakteri dan klamidia heliokobater.

Melancarkan sistem pencernaan saat hamil
Selama kehamilan, plasenta akan menghasilkan jenis hormon yang disebut progesteron, yang dapat memperlambat lambung sehingga pencernaan kontraksi otot melambat. Dan air kelapa terbukti membantu meningkatkan kecepatan proses pencernaan. Sehingga ibu hamil bisa terhindar dari dari sembelit, dll.

Dapat meningkatkan HDL
Air kelapa muda tidak mengandung sedikit lemak dan kolesterol, bahkan menurut penelitian dan penelitian para ilmuwan, air kelapa dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Baca dong artikel lainnya mengenai obat hipertiroid alami

Menurunkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi
Untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil, maka air kelapa muda dapat dimanfaatkan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil ini disebabkan oleh kandungan potassium yang terkandung di dalam air kelapa muda alami.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa air kelapa memang aman untuk ibu hamil hanya saja bila dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan serta waktu yang tepat saat mengonsumsinya yaitu setelah usia kehamilan menginjak 6 bulan keatas. Semoga info kesehatan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.