Manfaat Konsumsi ‘Menu Nabati’ Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penderita sakit jantung terkadang masih melakukan beberapa kesalahan, tentang bagaimana dan apa yang seharusnya mereka konsumsi agar penyakit jantung tidak kambuh sewakt-waktu. Sebenarnya poin ini juga berlaku bagi mereka yang ingin mencegah penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi makanan menu nabati, Anda bisa mendapatkan kesempatan lebih besar dengan terhindar dari risiko penyakit jantung.

Manfaat Konsumsi ‘Menu Nabati’ Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat Konsumsi 'Menu Nabati' Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Hal ini juga semerta-merta telah dibuktikan jika menu nabati adalah menu makanan yang hanya mengandung unsur-unsur nabati alias tidak menggunakan unsur hewani sedikit pun. Manfaat mengonsumsi menu nabati ialah mengurangi risiko penyakit jantung. Seperti yang kita tahu, terbiasa mengonsumsi daging secara berlebihan sangat berbahaya bagi sistem peredaran darah karena kolesterol yang berasal dari lemak hewani tidak mudah diuraikan dan diproses dalam tubuh.

Saat Jantung mengalami masalah, secara otomatis organ lain pun akan terganggu. Contohnya dalam organ ginjal yang akhirnya tidak mampu membuang sodium yang berisiko memicu kondisi gagal jantung. Tidak hanya itu, akibat dari terlalu banyak mengkonsumsi makanan lemak hewani juga dapat meningkatkan risiko Hipertensi. Hipertensi ini adalah penyakit yang mempunyai kaitan erat dengan sakit jantung, stroke dan gagal ginjal. Penyebab gagal ginjal juga disebabkan stres organ karena pola makan protein yang terlalu tinggi.

Perbandingan zat gizi dari makanan nabati dan hewani cukup besar. Misal dalam perbandingan antara daging ayam dan tempe (per 100 gram). Kandungan kalori tempe hanyalah 149 sedangkan daging ayam 302. Perbandingan gizi yang paling mencolok adalah pada kandungan kalsium. Dimana kandungan kalsium tempe adalah 129 sedangkan daging ayam hanya 14.

Manfaat dari mengonsumsi menu nabati lainnya adalah asupan makanan akan lebih terjaga. Efeknya, risiko penyakit kronis seperti jantung akan semakin berkurang. Tidak akan ada masalah kolesterol selama kita disiplin menerapkan menu nabati ini. Selain itu, menu nabati akan menolong kita untuk memiliki tubuh sehat dengan berat badan ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.