Manfaat Nutrisi Dari Labu Kuning Untuk Kesehatan

Sudah tidak asing lagi jika labu kuning termasuk penganan kategori buah yang disukai oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. Di luar negeri, labu kuning kerap diukir dan dijadikan sebagai hiasan untuk Halloween. Seperti jenis buah pada umumnya, labu si buah bulat yang khas dengan warna orange ini tidak boleh diabaikan dalam kandungan manfaat dan nutrisi di dalamnya.

Manfaat Nutrisi Dari Labu Kuning Untuk Kesehatan

Diketahui jika Labu kuning kaya dengan kandungan Mineral dan Vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, di dalamnya, terdapat kandungan nutrisi alami seperti kalium, antioksidan dan vitamin. Nutrisi dalam satu cangkir labu kuning rebus tanpa garam antara lain 49 kalori, 1,76 gram protein, 0,17 gram lemak, 12 gram karbohidrat, 2,7 gram serat dan 5,1 gram gula.

Dengan mengkonsumsi minumal satu cangkir labu kuning, dapat memenuhi kebutuhan Vitamin A lebih dari 100%, Vitamin C 20%, Vitamin E, riboflavin, kalium, tembaga dan mangan hingga 10%, thamin 5%, B6, Filat, asam pantotenat, niasin, besi, fosfor dan magnesium.

Untuk pilihan labu kuning dengan cara dimasak, juga tetap bermanfaat besar. Labu kalengan juga masih bernutrisi, namun yang harus dipilih adalah jenis yang tidak memiliki kandungan gula terlalu banyak.

Manfaat Kandungan Nutrisi Dari Labu Kuning Untuk Kesehatan.

1. Mempercantik kulit

Manfaat labu kuning untuk merawat kecantikan kulit ini mungkin bukan hal asing lagi terutama bagi perempuan. Pada dasarnya memang, Labu kuning kaya akan berbagai vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan muda. Selain itu, buah yang satu ini juga mampu menjadikan kulit selalu kenyal dan lembut.

Adalah kandungan Beta-karoten dalam labu, yang menghasilkan antioksidan yang baik untuk sebagai penangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV. Itu sebabnya, mengonsumsi makanan yang kaya akan beta-karoten dapat membuat Anda lebih awet muda.

2. Menajamkan penglihatan.

Kandungan Beta-karoten dalam labu menjadikan buah ini kaya akan Vitamin A. Vitamin A yang diubah dari Beta-karoten ini berfungsi untuk membantu retina menyerap dan memproses cahaya. Pasalnya penurunan fungsi retina bisa menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik. Labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang bisa membantu mencegah katarak dan bahkan memperlambat perkembangan degenerasi makula.

3. Rendah kalori dan tinggi serat.

Saat Anda sedang mencoba menurunkan berat badan, labu kuning bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan makanan diet. Selain rasanya yang enak (serupa rasa dengan ubi jalar) labu kuning juga membantu Anda menurunkan berat badan karena rendah kalori dan karbohidrat. Dengan mengonsumsi labu kuning akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan labu memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan. Dengan merasa kenyang lebih lama, maka Anda dapat terhindar dari berbagai camilan yang akan membuat Anda gemuk.

4. Menurunkan tekanan darah.

Seperti yang dijelaskan di atas, jika Labu kuning kaya akan kalium. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, bermanfaat untuk mengurangi asupan natrium untuk menurunkan tekanan darah. Asupan kalium ke dalam tubuh juga mengurangi kemungkinan Anda untuk terserang stroke, pembentukan batu ginjal dan mempertahankan kepadatan tulang.

5. Memelihara kesehatan jantung.

Kandungan folat, karotenoid, dan magnesium yang dimiliki labu kuning membuatnya sangat baik bagi kesehatan jantung. Magnesium akan bekerja sebagai relaksan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung. Labu kuning juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya aterosklerosis yaitu suatu kondisi di mana dinding pembuluh darah arteri mengeras akibat penumpukkan lemak pada dinding dalamnya.

6. Mencegah kanker.

Kandungan Beta-karoten yang tinggi pada labu juga bermanfaat untuk membantu melawan kanker. Penelitian menunjukkan jika pada orang yang mengonsumsi makanan yang kaya beta-karoten memiliki risiko lebih rendah terhadap beberapa jenis kanker, terutama kanker prostat dan kanker paru-paru. Selain itu, kandungan antioksidan dari Vitamin A dan C dalam labu kuning bertindak sebagai pelindung sel dalam tubuh Anda dalam melawan radikal bebas penyebab kanker.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi labu kuning, bisa jadi salah satu cara memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda untuk menangkal berbagai macam penyakit. Kandungan Vitamin A yang melimpah dapat membantu tubuh melawan infeksi, virus dan penyakit menular. Labu kuning memiliki hampir 20% dari jumlah Vitamin C harian yang disarankan, hal ini membantu Anda pulih dari pilek lebih cepat. Itulah alasan mengapa dengan menyantap labu kuning yang dibuat sup di musim hujan yang dingin untuk mencegah terserang penyakit, seperti flu, pilek, dan batuk-batuk.

<< Obat Hipertiroid Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.