Mengetahui Gejala Umum Dari Anemia

Apakah Anda atau seseorang yang Anda kenal menderita Anemia? Jika benar, penderita Anemia harus benar-benar memperhatikan pola hidupnya. Mulai dari makanan yang dikonsumsi sampai istirahat yang cukup.

Mengetahui Gejala Umum Dari Anemia

Menurut pengertiannya sendiri, Anemia adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang mengandung Hemoglobin di dalamnya. Sel darah dengan Hemoglobin ini dibutuhkan tubuh, sebab hakikatnya menjadi sebuah media untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Orang-orang dengan gangguan penyakit kronis dan pada wanita, adalah mereka yang rentan dengan Anemia.

Dilansir dari laman klikdokter, bahwa penyebab utama Anemia bisa terjadi akibat kekurangan zat besi dan Vitamin B 12. Selain itu, Anemia juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami kesemutan di bagian kaki dan tangan. Tanda-tanda umum lainnya meliputi :

— Kelelahan.

Saat oksigen yang masuk ke dalam sel tidak mencukupi, maka tubuh tidak dapat memecah nutrisi untuk menciptakan energi. Hal inilah yang pada akhirnya membuat Anda akan mudah merasa lelah. Jika gejala terus bertambah parah, periksakan diri Anda ke dokter. Karena kelelahan juga bisa menjadi gejala masalah kesehatan lain, seperti diabetes atau kelainan tiroid.

— Kulit pucat.

Kulit pucat termasuk tanda yang paling umum dari Anemia. Kulit pucat juga dapat terjadi pada seluruh tubuh atau terbatas pada area tertentu, seperti wajah, gusi atau bagian bawah mata dan bibir. Pada orang sehat, bagian dalam kelopak mata akan berwarna merah terang, namun pada orang yang memiliki Anemia, warna kelopak mata bisa berubah menjadi cenderung pink atau kuning.

— Merasa cemas.

Saat jantung berdetak kencang dan tidak merasakan gejala kecemasan sebelumnya, bisa jadi hal ini merupakan tanda penyakit Anemia, terutama jika tidak ada alasan apapun yang mendasarinya. Seseorang yang kekurangan zat besi dapat mengalami gangguan pada sistem saraf simpatik dan mengakibatkan kegelisahan. Walaupun begitu, sebaiknya kondisi ini di konsultasikan dengan dokter.

— Sakit kepala.

Jika Anda kekurangan Zat besi hal ini dapat mengakibatkan Anda mengalami sakit kepala. Tingkat Hemoglobin yang rendah dalam sel darah merah dapat mencegah oksigen mencapai otak. Hal ini bisa mengakibatkan pembengkakan pembuluh darah, yang pada akhirnya menyebabkan sakit kepala.

— Detak jantung.

Saat kadar Hemoglobin rendah, jantung akan bekerja lebih keras untuk membawa oksigen. Akibatnya kondisi ini menyebabkan detak jantung tidak teratur. Pada kasus yang lebih ekstrem, hal ini dapat menyebabkan gagal jantung.

— Tungkai kesemutan.

Zat besi yang rendah dalam tubuh juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada kaki. Mereka yang menderita penyakit ini juga bisa merasakan sensasi gatal dan cenderung memburuk di malam hari.

— Tangan dan kaki dingin.

Dikarenakan sirkulasi darah yang buruk, penderita Anemia juga seringkali merasakan dingin pada tangan dan kakinya. Maka dari itu selalu gunakan kaus kaki untuk penanganan dalam jangka pendek.

— Sesak napas.

Saat organ tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup, dampaknya akan membuat paru-paru bekerja lebih keras untuk membawa lebih banyak oksigen. Akan tetapi, jika tubuh Anda sehat namun merasa sesak napas saat menaiki tangga, mungkin hal ini terjadi karena kadar zat besi dalam tubuh Anda rendah.

Penyakit Anemia memang bisa diobati oleh sendiri, akan tetapi jika gejala Anemia sudah semakin parah dirasakan segera konsultasikan ke dokter untuk perawatan selanjutnya.

Saran yang direkomendasikan untuk penderita Anemia adalah, tetap mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi seperti sayuran berdaun hijau gelap, daging sapi, tahu, kacang-kacangan, cokelat, tiram, daging ayam kalkun, dan masih banyak lagi.

Semoga bermanfaat, salam!

Mengetahui Gejala Umum Dari Anemia |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.