Penyebab Benjolan Di Leher Selain Amandel

Apa yang menjadi penyebab munculnya benjolan di leher? Nah, jika Anda, teman, kerabat dan lainnya tiba-tiba saja memiliki benjolan di leher, ketahui penyebabnya.

Penyebab Benjolan Di Leher Selain Amandel

Pada umumnya, orang-orang beranggapan jika munculnya benjolan di leher itu berarti Anda sedang mengalami sakit tenggorokan, atau bahkan karena radang amandel. Namun secara keseluruhan, ternyata tidak hanya amandel saja yang menjadi penyebab dari benjolan di leher. Masih banyak kemungkinan penyakit lainnya yang bisa menyebabkan Anda mengalami benjolan tersebut. Apa saja? Ini dia selengkapnya.

1. Radang amandel.

Radang amandel yang turut disertai adanya pembengkakan dapat menyebabkan benjolan pada leher. Penderita biasanya akan mengalami demam serta rasa sakit saat menelan dan batuk. Penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak sebelum mengalami puber.

Baca juga : Anak Sakit Menelan Karena Radang Amandel

2. Disebabkan gangguan kelenjar getah bening.

Penyebab paling sering seseorang mengalami benjolan di leher adalah gangguan atau pembengkakan pada kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terjadi akibat infeksi yang terjadi. Infeksi juga bisa terjadi pada kulit kepala, sinus, amandel, gusi, gigi, tenggorokan dan kelenjar ludah. Infeksi yang terjadi biasanya disebbakan oleh virus dan bakteri. Membesarkanya kelenjar getah bening dalam waktu singkat juga diketahui penyebabnya adalah sel kanker.

3. Struma.

Struma adalah sebuah benjolan di leher juga dapat disebabkan karena adanya pembesaran kelenjar gondok atau kelenjar tiroid. Penyebab munculnya Struma, antara lain adalah kelainan auto imun, infeksi THT, tinggi dan rendahnya hormon yang dilepas oleh kelenjar ini. Biasanya pembesaran yang disebabkan ketidakseimbangan hormon dapat mengecil dengan sendirinya pada saat hormon itu jumlahnya kembali normal.

4. Infeksi pada kulit kepala.

Benjolan di leher juga bisa muncul akibat infeksi yang terjadi pada kulit kepala. Infeksi yang terjadi tidak menimbulkan rasa gatal dan sakit, namun terbentuk nanah akibat peradangan yang terjadi. Benjolan ini biasanya tidak berbahaya dan bakal hilang dengan sendirinya setelah diberi obat oles.

5. Alergi.

Pada orang yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu dapat mengalami benjolan di lehernya sebagai pertanda dari reaksi alergi. Biasanya benjolan akan terasa sakit jika disentuh, menimbulkan rasa panas, gatal, dan berwarna kemerahan. Pemberian obat alergi dapat mengatasi dengan mengecilkan benjolan dan meringankan rasa sakit yang diderita. Lama tidaknya benjolan ini berdiam di leher tergantung dengan tingkat imunitas orang tersebut.

Jadi setelah Anda mengetahui bahwa benjolan di leher tdak delalu karena Amandel tapi karena gangguan penyakit lain, Anda mungkin bisa lebih bijak dalam mengatasinya.

| Penyebab Benjolan Di Leher Selain Amandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.