Tanda-tanda Orang Yang Terindikasi Tuberkulosis

TB atau TBC, Tuberkulosis memang merupakan sebuah penyakit yang tidak bisa dianggap sepele karena hampir sebagian besar dari penderitanya mengalami kondisi yang parah hingga menyebabkan kematian. TB adalah penyakit yang menyerang sistem pernafasan di dalam tubuh. Penyebabnya adalah sebuah bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis.

Tanda-tanda Orang Yang Terindikasi Tuberkulosis

TB termasuk kedalam jenis penyakit menular yang berbahaya, penularan yang terjadi bisa melalui udara, maka dari itu penting untuk penderita TB selalu mengenakan masker atau pelindung agar penyakit tidak menular ke anggota keluarga lainnya atau oranglain.

Indikasi penyakit TB bisa terlihat dari awal gejala, jika Anda belum mengetahuinya maka Anda wajib untuk menyimak artikel ini sampai selesai. Kebanyakan dari para pasien penderita TB yang sudah parah tidak mengetahui bagaimana gejala awal dari penyakit ini, makanya terkadang beberapa pasien terlambat untuk mengatasi gejala

TB sebelum berkembang menjadi penyakit TB yang berahaya. Deteksi awal dari penyakit TB yang bisa dikenali dan sering muncul pada penderitanya biasanya mengalami beberapa tanda-tanda seperti dibawah ini.

  • Mengalami batuk berdahak yang tidak berhenti dan secara terus menerus dalam kurun waktu 1 bulan.
  • Kadang-kadang batuk berdahak juga dapat disertai dengan darah yang keluar bersama dahak.
  • Badan mulai terasa pegal-pegal.
  • Merasakan meriang di sekujur tubuh.
  • Berkeringat di malam hari.
  • Dada sesak, dan
  • Nafsu makan berkurang drastis yang membuat berat badan terus menurun.

Karena penyakit TB atau TBC ini berhubungan dengan saluran pernafasan maka pencegahan dini sebaiknya tetap dilakukan. Caranya adalah dengan merubah pola hidup menjadi lebih baik, juga jika Anda adalah seorang perokok berat segera hentikan kebiasaan tersebut karena TB tidak hanya berasal dari bakteri saja namun kebiasaan merokok yang buruk juga salah satu penyebab seseorang menderita TBC.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Jika merasakan beberapa gejala yang tak biasa jangan selalu melakukan diagnosis diri sendiri, namun lakukanlah pada ahlinya atau kunjungi langsung dokter dan rumah sakit terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.