Bayi Bisa Berenang Secara Alami, Benarkah Demikian?

Beberapa waktu lalu, secara tidak sengaja saya melihat video di sosial media saat bayi dimasukkan kedalam kolam, merek alangsung berenang begitu saja, padahal orangtua mereka belum mengajarkannya sama sekali. Apakah video ini sungguhan? Dan apakah benar bayi bisa dengan sendirinya berenang tanpa belajar terlebih dahulu?

Bayi Bisa Berenang Secara Alami, Benarkah Demikian?

Ternyata setelah ditelusuri tentang hal ini, pendapat sebagian besar orang mengatakan jika saat di dalam kandungan, bayi sudah berada dalam posisi melayang di air ketuban, sehingga sudah sejak lama mereka belajar berenang. Namun apakah tanggapan seperti ini bisa diterima? Apa penjelasan medis mengenai hal ini?

Berdasarkan ahli kesehatan menyebut jika bayi tidak memiliki kemampuan alamiah untuk berenang sendiri. Hanya saja, bayi memiliki refleks alami yang akan muncul, saat mereka berada di dalam air. Dalam dunia medis refleks ini disebut diving reflex. Diving reflex muncul saat kepala bayi masuk kedalam air, lalu secara alami bayi akan menahan nafas walaupun mata mereka tetap terbuka. Selain itu, bayi juga memiliki gerakan khas jika kita tengkurapkan dimana tangan dan kakinya akan melakukan gerakan layaknya berenang.

Dilansir laman doktersehat, Academy of American Pediatrics menyebut bahwa walaupun bayi memiliki refleks tersebut, namun bayi tidak serta merta langsung pandai berenang. Hal ini dikarenakan belum mampunya mereka menahan nafas di dalam air seperti orang dewasa. Selain itu, bayi juga belum mengetahui bagaimana caranya mengangkat kepala di dalam air untuk mengambil nafas. Jika kita tetap memaksakan diri menceburkan bayi untuk berenang, dikhawatirkan bayi akan kesulitan bernafas, dan yang lebih parah, jika suhu kolam ternyata dingin, bisa jadi bayi akan mengalami kematian bayi mendadak atau sudden infant death syndrome.

Pada ahli kesehatan menyarankan para orangtua untuk mulai mengajari anak berenang saat usia mereka 4 tahun. Sebelum usia itu sendiri, ada baiknya tidak dulu mengajari mereka berenang sebab ada resiko mereka tenggelam. Alih-alih belajar berenang, lebih baik tempatkan mereka di kolam kecil berisi air hangat (dengan air yang tidak banyak), lengkapi dengan beberapa mainan.

| Bayi Bisa Berenang Secara Alami, Benarkah Demikian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.