Makanan Penguat Kandungan Mencegah Keguguran

Makanan Penguat Kandungan,- Ada kalanya ibu hamil yang ingin sehat kandungan atau kehamilannya menempuh beragam cara misalnya dengan konsumsi obat-obatan, dan lain sebagainya yang terkadang salah kaprah.

Makanan Penguat Kandungan Mencegah Keguguran

Makanan Penguat Kandungan Mencegah Keguguran

Sebenarnya ada cara terbaik untuk membantu mewujudkan keinginan tersebut. Ibu hamil yang ingin kandungannya sehat, kuat dan terhindar dari keguguran bisa mengkonsumsi sejumlah makanan yang ternyata manfaatnya dapat membantu menguatkan kandungan. Makanan-makanan sehat yang akan kita bahas kali ini selain membantu memperkuat kandungan, juga diperlukan oleh ibu hamil, khususnya bagi ibu hamil yang mengalami kondisi-kondisi seperti :

  • Ibu hamil yang mengalami flek, atau bercak darah.
  • Dinding rahim atau serviksnya lemah.
  • Dan mengalami kontraksi dini.

Apa saja makanan-makanan yang dianggap dapat memperkuat kandungan ibu hamil? Berikut selengkapnya.

  • Telur.

Telur merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan protein dan asam omega-3. Dari sekian banyak jenis telur, telur bebek adalah telur yang mempunyai kandungan protein dan omega-3 paling tinggi. Hal ini bisa dilihat dari warna kuning telurnya yang lebih tua dibanding lainnya.

  • Kacang hijau.

Kandungan zat besi pada kacang hijau cukup tinggi sehingga bisa membantu meningkatkan kadar Hb dan mengoptimalkan tumbuh-kembang janin.

  • Udang.

Jika ibu hamil tidak mempunyai alergi terhadap seafood, maka bisa Anda coba masukkan udang sebagai salah satu menu makanan penguat kandungan. Kandungan protein pada 100 gram udang benar-benar luar biasa yakni sekitar 20 gram. Oleh karenanya, mengonsumsi 1 ons udang setiap hari sudah dapat memenuhi 40 persen kebutuhan ibu hamil akan nutrisi penting tersebut.

  • Alpukat.

Bukan rahasia lagi kalau alpukat adalah salah satu buah yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan alpukat mempunyai nutrisi yang lengkap dan tidak hanya baik dalam menguatkan kandungan, namun juga mencegah komplikasi kehamilan seperti anemia, lesu, depresi, hingga preklampsia.

  • Apel.

Antioksidan dan Vitamin C pada buah apel dapat menjadi penguat kandungan sekaligus sistem imun tubuh.

  • Buah berry.

Selain kaya akan kandungan folat, buah berry juga mempunyai kandungan Vitamin C, kalium, dan serat. Oleh karena itu, rajinlah mengonsumsi ragam buah berry seperti blueberry, raspberry, atau blackberry ketika hamil.

  • Sumber asam folat.

Selain Alpukat, sumber asam folat yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil adalah makanan-makanan seperti ikan bandeng, salmon, serta tomat yang juga baik untuk membantu perkembangan janin.

  • Brokoli.

Sayur yang mempunyai kandungan asam folat, kalsium, dan Vitamin C salah satunya adalah sayuran brokoli disarankan rutin dikonsumsi oleh ibu terutama yang mengalami masalah pada kandungannya. Tidak perlu banyak-banyak, ibu cukup makan sekitar 1 ons brokoli setiap harinya agar anemia menjauh. Oh iya, selain brokoli, makanan penguat kandungan lainnya yang bersumber dari sayuran hijau juga bisa didapat dari bayam atau kale yang sarat nutrisi penting.

  • Daging bebas lemak.

Daging sapi atau ayam yang tidak disertai lemak termasuk sumber protein dan zat besi yang bisa membantu ibu hamil dalam mencegah anemia. Untuk daging ayam pilihlah yang tanpa kulit.

  • Salmon.

Seperti sempat disinggung di atas, salmon adalah sumber folat yang bisa diandalkan. Akan tetapi, ikan yang hidup di lautan bebas ini juga mengandung protein serta asam omega-3 yang penting bagi ibu dan janin.

  • Kurma.

Jika ibu tidak terbiasa mengonsumsi madu, maka kurma bisa dipilih sebagai gantinya. Selain itu, kurma juga bermanfaat membantu menguatkan kandungan. Kurma juga bisa meningkatkan kadar Hb dalam tubuh sehingga mampu mencegah anemia pada ibu hamil.

Baca juga : Sari Kurma KURMAQU.

  • Ubi jalar.

Siapa sangka bahwa ubi jalar juga ternyata dapat diandalkan sebagai salah stau makanan untuk menguatkan kandungan lemah? Hal ini dikarenakan ubi jalar mengandung karoten, folat, serta, serta Vitamin C.

  • Kacang polong.

Kacang-kacangan khususnya legume dan polong bisa menjadi makanan penguat kandungan pada ibu hamil juga lho. Penyebabnya, kacang polong ini sarat serat dan protein. Bagi ibu yang ingin ngemil sehat setiap hari, konsumsilah 1 cangkir kacang polong yang memuat sekitar 12 sampai 15 gram protein.

  • Kecambah.

Kecambah tidak hanya meningkatkan fertilitas seseorang namun juga termasuk makanan penguat kandungan yang wajib dikonsumsi. Di dalam kecambah terkandung Vitamin E, asam folat, dan nutrisi penting lainnya.

  • Yogurt.

Susu asam kaya kalsium dan protein seperti yogurt dapat membantu perkembangan janin secara optimal. Selain itu, yogurt dapat menghindariibu hamil dari berbagai gangguan medis seperti osteoporosis dan susah buang air besar.

  • Susu.

Saat hamil, ibu sebaiknya rutin minum susu. Susu adalah minuman sehat kaya protein, dan juga sumber kalsium. Namun ibu hanya perlu berhati-hati saat memilih produk susu yang akan diminum. Ada baiknya ibu mengonsumsi susu murni yang telah mengalami proses pasteurisasi dan sterilisasi agar minuman ini bebas bakteri jahat.

  • Ikan air tawar.

Ikan air tawar alaminya juga termasuk sumber protein sekaligus asam omega-3. Karena itu, ibu bisa mengkonsumsi beragam olahan masakan yang melibatkan ikan air tawar sebagai bahan utamanya juga dapat memperkuat kandungan.

  • Produk kedelai.

Makanan yang menggunakan kedelai seperti tahu atau tempe memuat protein yang tinggi sehingga dapat dijadikan makanan penguat kandungan untuk ibu hamil. Selain itu, kacang kedelai juga rendah lemak dan mempunyai beragam nutrisi penting yang baik untuk tubuh, seperti isoflavon, asam phytic, serta saponin. Oleh karena itu, masukkan kacang kedelai rebus atau susu kedelai ke dalam daftar menu camilan ibu hamil hari ini.

Itu dia selengkapnya mengenai Makanan Penguat Kandungan Mencegah Keguguran. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda, salam sehat 🙂

Posted by Obat Hipertiroid Ibu Hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.